Ruang pelayanan SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo meliputi :
1. Bimbingan Konseling (BK) SMAMDA SIDOARJO
Bimbingan Konseling merupakan pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara individu maupun kelompok, agar mandiri dan berkembang secara optimal, dalam bimbingan pribadi, social, belajar dan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung berdasarkan norma – norma yang berlaku.
Layanan Konseling kepada Siswa
Layanan Konseling kepada Siswa
Suasana Ruang Bimbingan Konseling
1. Bimbingan Pribadi
a. Pemantapan sikap dan kebiasaan serta pengembangan wawasan dalam beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT
b. Pemantapan pemahaman tentang potensi diri dan pengembangannya untuk kegiatan-kegiatan yang kreatif dan produktif, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk peranannya dimasa depan.
c. Pemantapan pemahaman tentang bakat dan minat pribadi serta penyaluran dan pengembangannya melalui kegiatan-kegiatan yang kreatif dan produktif.
d. Pemantapan pemahaman tentang kelemahan diri dan usaha-usaha penanggulangannya.
e. Pemantapan kemampuan mengambil keputusan dan mengarahkan diri secara mandiri sesuai dengan system dan etika dan nilai serta apresiasi seni.
f. aniah maupun jasmaniah, termasuk perencanaan hidup berkeluarga.
2. Bimbingan Sosial
a. Pemantapan kemampuan berkomunikasi, baik lisan maupun tulisan secara efektif, efisien dan produktif.
b. Pemantapan kemampuan menerima dan mengemukakan pendapat serta beragumentasi secara dinamis dan kreatif.
c. Pemantapan kemampuan bertingkah laku dan berhubungan sosial, baik dirumah, disekolah, ditempat latihan / kerja/ unit produksi maupun dimasyarakat luas dengan menjunjung tinggi tata karma, sopan santun, serta nilai nilai agama, adat istiadat, hukum, ilmu dan kebiasaan yang berlaku.
d. Pemantapan hubungan yang dinamis, harmonis dan produktif dengan teman sebaya, baik disekolah yang sama, di sekolah lain, di luar sekolah, maupun di masyarakat pada umumnya.
e. Pemantapan pemahaman tentang peraturan, kondisi rumah, sekolah, dan lingkungan, serta upaya pelaksanaannya secara dinamis dan bertanggung jawab.
f. Orientasi tentang kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3. Bimbingan Belajar
a. Pemantapan sikap, kebiasaan dan ketrampilan belajar yang efektif dan efesien serta produktif, dengan sumber belajar yang lebih bervariasi dan kaya.
b. Pemantapan disiplin belajar dan berlatih, baik secara mandiri maupun berkelompok.
c. Pemantapan penguasaan materi program belajar keilmuan, teknologi atau seni di Sekolah Menengah Atas dan sebagai persiapan untuk mengikuti pendidikan yang lebih tinggi.
d. Pemantapan pemahaman dan pemanfaatan kondisi fisik, sosial dan budaya di lingkungan sekolah, dan atau alam sekitar, serta masyarakat untuk pengembangan diri.
e. Orientasi belajar untuk pendidikan tambahan dan pendidikan yang lebih tinggi.
4. Bimbingan Karir
a. Pemantapan pemahaman diri berkenaan dengan kecenderungan karir yang hendak dikembangkan.
b. Pemantapan orientasi dan informasi karir pada umumnya, khususnya karir yang hendak dikembangkan.
c. Orientasi dan informasi terhadap dunia kerja dan usaha memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan hidup berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
d. Pengenalan berbagai lapangan kerja yang dapat dimasuki tamatan SMA.
e. Orientasi dan informasi terhadap pendidikan tambahan dan pendidikan yang lebih tinggi, khususnya sesuai dengan karir yang hendak dikembangkan.
2. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)
Pemeriksaan Kesehatan Untuk Siswa
Pemeriksaan Kesehatan Untuk Guru dan Karyawan
Suasana Ruang UKS
3. Ruang Pelayanan Keuangan
Ruang pelayanan keuangan SMAMDA yang bersih dan nyaman serta ditunjang dengan sarana lain yang dapat memberikan layanan dengan cepat. Dalam memberikan pelayanan keuangan, SMAMDA bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri selain itu system pelayanannya yang computerize dan dibantu oleh tenaga yang berpengalaman di bidangnya akan memudahkan bagi siswa maupun wali siswa yang memerlukan informasi pembayaran keuangan siswa. Tujuan SMAMDA bekerjasama dengan BSM agar dapat memberikan layanan yang sebaik-baiknya dan dapat memberikan data yang akuntabel mengenai pembayaran siswa.
Staff Keuangan Melakukan Pelayanan Keuangan Siswa